Saturday, July 23, 2016

Cara Memperkecil Besar Ukuran Berkas Di Komputer


Cara kompres file di komputer  Komputer sebenarnya adalah mesin untuk menghitung. (Bahasa inggris: ‘Compute’). Namun sekarang, komputer memiliki lebih banyak lagi tugas selain menghitung. Dengan komputer, apa saja dapat dilakukan. Misalnya dalam mengetahui informasi, menciptakan software, sebagai media pembelajaran, dan masih banyak lagi. Komputer telah banyak membantu pekerjaan manusia.


Dengan fungsi komputer yang bermacam – macam ini, pastinya komputer perlu memiliki aplikasi dan instalan bawaan. Salah satu instalan bawaan komputer yang terpopuler sekarang ini adalah Windows dari Microsoft Corp. yang dikembangkan oleh Microsoft.




Untuk menampung atau menyimpan instalan dan aplikasi tersebut, komputer perlu memiliki RAM atau Kapasitas. Kapasitas komputer terendah adalah 500GB. Walaupun banyak, kamu perlu tahu kalau aplikasi yang diinstal oleh komputermu dapat lebih besar dari itu jika dijumlahkan. Jadi, apa akibatnya?

Akibat dari aplikasi/software yang ukurannya melebihi kapasitas komputer adalah komputer akan menjadi lebih lambat, dan beberapa aplikasi akan dihapus. Jika kamu adalah pekerja kantoran yang memiliki komputer berkapasitas rendah, kamu tidak perlu membeli komputer baru yang kapasitasnya lebih banyak. Bagaimana sebaiknya?

Mengkompres berkas atau memperkecil ukuran file/folder adalah caranya.Oke, jadi cara memperbanyak file adalah dengan mengkompres file. Lalu bagaimana cara mengkompres file nya? Untuk menjawab pertanyaan, saya disini akan menjelaskan tentang cara memperkecil ukuran file atau berkas di komputer agar ruang pada komputer lebih banyak.

Untuk memperkecil ukuran file dikomputer, disini saya menggunakan Kompresor Winrar atau Winzip. Gak perlu download aplikasi tersebut karena sudah tersedia di setiap komputer.
Oke, cara mengkompresnya adalah berikut ini.

1. Pertama, pilihlah atau blok semua berkas yang ingin dikompres
2. Lalu kamu hanya perlu klik kanan
3. Setelah klik kanan, pilih Add To (NamaFile).zip/.rar

Contoh:

Misalnya nama file: Test. Kamu tinggal klik Add To Test.zip/rar. Zip/Rar itu adalah jenis format/kompresornya. Kamu bisa mengubahnya atau klik saja langsung.

4. Cara berikutnya, kamu hanya perlu menunggu proses, setelah itu lihat hasil ukuran berkas setelah dikompres. Lebih kecil bukan?

Berikut adalah buktinya..

Dengan mengkompres file, file/folder/berkas akan menjadi lebih kecil. Dengan begini, ruang di komputermu akan lebih banyak. So, langsung praktek gan!

Artikel Terkait

Cara Memperkecil Besar Ukuran Berkas Di Komputer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Load comments