Tuesday, July 26, 2016

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer-Sistem Komputer sering dikenal sebagai Sistem Operasi atau dalam bahasa inggrisnya operating system atau OS. kebanyakan orang cuman mengetahui sistem operasi Windows saja. padahal masih banyak lagi sistem operasi itu, sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
pada kesempatan kali Tekno Anwar akan memberikan informasi dari Macam-Macam Sistem Operasi Komputer, untuk lebih jelasnya bisa melihat semua materi(keterangan) dibawah ini :

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer



Keluarga Microsoft Windows
Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Sistem Operasi Windows meliputi antara lain ialah, Windows Desktop Environment berbasis MS-DOS (versi 1.x hingga versi 3.x) berbasis GUI Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME). Sistem operasi berbasis Windows NT seperti Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, windows server 2008, windows server 2008 R2, Windows Home Server Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012 dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014. Keluarga Windows CE seperti windows CE 1.0-CE 6.0 dan Windows Mobile.



Keluarga UNIX

UNIX merupakan Sistem Operasi Ciptaan Ken Thompson dan Dennis Ritchie, Yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX merupakan sistem operasi antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, debian, red hat, SUSE, Ubuntu, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.). MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd. Sistem operasi keluarga unix lainnya seperti AIX, Amiga OS, DragonFly BSD, Free BSD, GNU, HP-UX, IRIX,Linux, LynxOS, MINIX, NetBSD, OpenBSD, OS X, Plan 9, QNX, Research UNIX, SCO OpenServer, Solaris, UNIX System V, Tru64 UNIX, UnixWare.

Keluarga LINUX

Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yg pada mulanya sekedar emulasi terminal yg dibutuhkan untuk terhubung server UNIX di Universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan system dan pustakanya biasanya berasal dari System Operasi GNU. Linux mempunyai tidak sedikit disain yg berasal dari disain basic UNIX, Linux memanfaatkan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yg menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan system berkas. Sama seperti UNIX, Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yg merupakan konfigurasi bawaan untuk version dektop.

Kepada komputer Desktop, GNOME, KDE dan Xfce merupakan antarmuka customer yg paling terkenal diantara varian antarmuka costumer yang lain. Sebuah system Linux menyediakan antarmuka baris perintah melalui sebuah Shell (Konsole). Perbedaan utama antara Linux dan System Operasi Terkenal lainnya terletak pada Kernel Linux dan komponen-komponennya yg bebas dan terbuka. Sama seperti pada UNIX, Linux berkonsentrasi pada Workstation dan Server tidak sedikit Workstation dan Server yg mengandalkan Linux dikarenakan Linux amat sangat stabil dipakai buat dalam tempo lama dan Linuxpun kebal kepada Malware.

Satu elemen yg membedakan Linux kepada System Operasi yang lain merupakan harga. Harga Linux ini umumnya Free walaupun ada pula yg berbayar (Lisensi). Linux bakal didistribusikan tanpa harus memberikan royalty terhadap seseorang. Linux disusun berdasarkan standard System Operasi POSIX yg diturunkan dari UNIX itu sendiri. Ada sekian banyak macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, Red Hat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.


Keluaraga Mac OS

System operasi ini dikeluarkan oleh industri komputer Apple yg dinamakan Mac atau Macintosh. System operasi ini antara lain merupakan Public Beta (Kodiak), Mac OS X 10.0 (Cheetah), Mac OS X 10.1 (Puma), Mac OS X 10.2 (Jaguar), Mac OS X 10.3 (Panther), Mac OS X 10.4 (Tiger), Mac OS X 10.5 (Leopard), Mac OS X 10.6 (Snow Leopard), Mac OS X 10.7 (Lion), Mac OS X 10.8 (Mountain Lion). Berbasis Server : OpenStep, Raphsody, Mac OS X Server 1.0, berbasis Mobile : IOS. Awal th 2007 dikeluarkan version 10.5 (Leopard). Th 2011 diluncurkan version 10.7 (lion). System tersebut memanfaatkan interface TEXT (DOS, POSIX, LINUX), dan GUI (Graphical User Interface) seperti MS Windows & LINUX (berbasis TEXT & berbasis GUI).

Demikian Informasi dari teknoanwar yang membahas Macam-Macam Sistem Operasi Komputer semoga bermanfaat bagi kalian dan banyak orang sekian Terima Kasih.

Artikel Terkait

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Load comments