Tuesday, July 26, 2016

Pengertian Basis Data

Halo, sahabat teknoanwar kali ini kita akan mendalamin Pengertian Basis Data. bagi anda yang sedang menjalani pembelajaran pada TKJ ( Teknik Komputer Jaringan), pastinya sudah pernah mendengan Kalimat Basis Data.

teknoanwar menyarakan bagi anda para pelajar semua bila ingin belajar lebih lanjut tentang Basis Data supaya mempermudah anda dalam melakukan pemograman, untuk itulah kita disini memeluai belajar dari paling dasar dahulu. Oke langsung saja kita mulai Materi Pengertian Basis Data, berikut penjelasanya :

Pengertian Basis Data
Pengertian Basis Data

Secara umum pengertian Basis Data dapat ditinjau dari 2 sisi yaitu, Secara kharfiah dan Secara Istilah.
Secarah kharfiah pengertian basis data terdiri dari dua kata yaitu, kata Basis Dan Data.
Basis dapat diartikan sebagai markas,tempat berkumpul,gudang. Data diartika representasi dari fakta dunia yang mewakili suatu obyek (Orang,Hewan,Benda DLL) yg direkam dalam bentuk huruf,angka,simbol,teks,gambar dan bunyi. Adapun menurut pengertian secara istilah,Yang terdapat beberapa definisi yaitu sebagai berikut :
  1. Himpunan grup data (arsip) yg saling berhubungan yangdiorganisasi sedemikian rupa biar nanti bakal difungsikan kembali dengan cepat dan mudah.
  2. Kumpulan data yg saling berhubungan yg disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tidak dengan pengulangan (redundancy) yg tidak butuh, untuk memenuhi bermacam kepentingan
  3. Kumpulan file/tabel/arsip yg saling berhubungan yg disimpan dalam sarana daya simpan tertentu.
  4. Kumpulan data, yg bisa digambarkan sebagai aktifitas dari satu atau lebih organisasi yg berelasi.

Definisi Basis Data Menurut Elmasri

Menurut Elmasri, pemakaian istilah basis data lebih dibatasi terhadap arti implisit yg khusus mempunyai beberapa pengertian, adalah : 
  1. Basis data adalah penyajian suatu aspek dari dunia nyata (real word atau miniworld). Contohnya basis data perbankan, perpustakaan, pertanahan, perpajakan.
  2. Basis data adalah kumpulan data dari bermacam macam sumber yg secara logika memiliki arti implicit. Sehingga apabila data terkumpul dengan cara acak dan tanpa mempunyai arti, tidak bakal dinamakan basis data.
  3. Basis data butuh diancanag, dibangun dan data dikumpulkan untuk sebuah maksud tertentu.
  4. Basis data akan dipakai oleh sekian banyak pemakai dan sekian banyak aplikasi yg sesuai dengan kebutuhan pemakai.
Akhirnya selesai juga pendalaman materi kita yang mengluas Pengertian Basis Data semoga materi yang teknoanwar bagikan bermanfaat bagi banyak orang Amiinn. Sekian Terima Kasih..

Sumber : materi TKJ

Artikel Terkait

Pengertian Basis Data
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Load comments